MAHASISWA MAGISTER TEKNIK PEMBANGUNAN WILAYAH DAN KOTA UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG 2007

Rabu, 18 Juni 2008

Bacalah Al-Qur'an

Dari Abu Musa Al-Asy'arit berkata,Rasulullah bersabda:"Perumpamaan orang mukmin yang membaca Al Qur'an bagaikan buah limau baunya harum dan rasanya lezat. Dan perumpamaan orang mukmin yang tidak membaca Al Qur'an bagaikan kurma rasanya lezat dan tidak berbau. Dan perumpamaan orang munafik yang membaca Al Qur'an bagaikan buah raihanah yang baunya harum rasanya pahit, dan perumpamaan orang munafik yang tidak membaca Al Qur'an bagaikan buah hanzhalah tidak berbau dan rasanya pahit" (HR Attirmidz.
Manusia yang terbaik. Nabi bersabda:"Sebaik-baik kalian yaitu orang yang mempelajari Al Qur'an dan mengajarkannya." (HR. Bukhari).
Dikumpulkan bersama para Malaikat "Orang yang membaca Al Qur'an dan ia mahir dalam membacanya maka ia akan dikumpulkan bersama para Malaikat yang mulia lagi berbakti.

ISTIGHFAR
Istighfar adalah manifestasi kepatuhan kepada perintah ALLAH, (QS. Ali Imron:133)
Istighfar adalah salah satu faktor Pembawa Rezeki (QS. Nuh:10:12)
Istighfar adalah jalan untuk Masuk Surga
Istighfar adalah sebab diampuninya dosa dan kesalahan (QS. An Nisa:110)
Istighfar adalah sarana memperoleh Kebersihan Hati (QS. Al Muthoffin:14)
Istighfar adalah sarana memperoleh Kesehatan dan Kekuatan (QS.Hud:52)

Gunakan anugerah waktu kita untuk selalu menampilkan karya hebat yang bermanfaat untuk masyarakat, sebelum datang 5 hal yang lain, yaitu:
1. Sehat sebelum sakit
2. Kaya sebelum miskin
3. Muda sebelum tua
4. Lapang sebelum sempit
5. Hidup sebelum mati

Dalam sebuah hadits Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wasallam menggolongkan manusia ke dalam tiga kelompok (1) golongan orang yang merugi yaitu orang yang keadaan dirinya hari ini sama dengan kemarin, tidak ada peningkatan; (2) golongan orang celaka yaitu orang yang keadaannya lebih buruk dari hari sebelumnya; (3)golongan orang yang hari ini keadaannya selalu lebih baik dari sebelumnya.

Ada beberapa tips agar shaum berkualitas, diantaranya:
1. Mendawamkan doa yang dicontohkan Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wasallam sedari Rajab dan Syaban.
2. Mempersiapkan diri dengan menggali ilmu tentang Ramadhan yang penuh berkah.
3. Mengevaluasi kualitas Ramadhan yang dilakukan tahun lalu kalau perlu dicatat apa saja yang belum maksimal.
4. Membuat perencanaan yang matang untuk mencapai tujuan dan untuk menunjang hal itu sebaiknya dibuat agenda mulai minggu pertama sampai minggu terakhir.
5. Bertekad sekuat tenaga untuk komitmen dengan apa yang telah direncanakan dan tidak tergoda dengan aktivitas spontan yang sebetulnya tidak urgen dilakukan, dan itu biasanya timbul karena hawa nafsu yang menggoda.
6. Senantiasa memohon kepada Allah SWT agar selalu memberi kekuatan untuk tetap istiqomah dengan apa yang di'azamkan


HIASI HARI-HARI KELUARGA KITA UNTUK SENANTIASA SALING MEMAAFKAN DAN MEMOHON AMPUNAN KEPADA ZAT YANG MAHA AGUNG ALLAH SWT.




Tidak ada komentar: